Sabtu, 27 Juni 2009

KLASIFIKASI MESIN

·

(a). Pengelompokan mesin
Mesin disel dapat dibagi beberapa kelompok, yang masing –masing
dibedakan menurut salah satu dari ciri berikut:
a. Daur operasi
b. Metoda pengisian silinder
c. Disain umum, klasifikasi ini menyangkut jumlah dan kedudukan silinder, metoda penginjeksian dan pembakaran bahan bakar, kecepatan dan sebagainya.

Klasifikasi ini sering tumpang tindih, yaitu mesin dalam kelas yang sama menurut satu ciri, merupakan kelas yang berbeda menurut ciri yang lain.

a. Daur Operasi
Mesin diesel dapat dibagi menjadi yang beroperasi pada daur tekanan konstan dan yang beroperasi pada daur kombinasi. Mesin dengan pembakaran yang dilaksanakan pada tekanan konstan adalah mesin besar injeksi udara kecepatan rendah. Suatu kombinasi, atau dwi-pembakaran, daurnya dengan satu bagian bahan bakar terbakar pada volume konstan, seperti pada mesin bensin, dan bagian yang lain terbakar pada tekanan yang mendekati konstan. Dalam mesin yang beroperasi pada daur kombinasi,

pertama kali tekanan menanjak sampai pada puncaknya selama bagian pertama dari pembakaran, kemudian tetap kira-kira konstan, dan pada torak bergerak lebih jauh lagi dari titik mati, mulai turun menuju akhir dari proses pembakaran; daur ini khusus untuk mesin injeksi tanpa udara kecepatan menengah atau tinggi.


b. Metoda Pengisian
Mesin disel dapat dibagi menjadi mesin empat langkah dan mesin dua langkah, dalam mesin empat langkah, selama dua langkah dari torak atau satu putaran poros engkol, torak dan silinder bekerja sebagai pompa yang mengeluarkan hasil pembakaran dari pembakaran dalam daur sebelumnya dan mengisi silinder dengan udara segar. Dalam mesin dua langkah, silinder dibilas dan diisi dengan udara segar oleh udara agak bertekanan yang diberikan oleh suatu pompa atau penghembus dari luar.
Mesin empat langkah dapat dibagi menjadi mesin penghisapan alamiah dan
mesin pengisian lanjut (supercharged), Mesin jenis penghisapan alamiah pengisian udara segarnya ditarik masuk oleh vakuum yang dihasilkan ketika torak bergerak menjauhi ruang pembakaran.
Dalam mesin pengisian lanjut maka pengisianya dimasukkan ke dalam silinder pada tekanan yang lebih dari atmosfir. Tekanan udara tinggi ini dihasilkan oleh pompa atau penghembus yang mirip yang digunakan pada mesin dua langkah.

(b). Metoda Penginjeksian Bahan Bakar.
Dalam mesin disel kecepatan rendah yang asli, bahan bakar di injeksikan kedalam silinder oleh hembusan udara tekanan tinggi, sehingga dinamakan mesin injeksi udara, perlengkapan injeksi udara terlalu berat dan rumit untuk mesin kecepatan tinggi, dengan lubang kecil, yang menggunakan berbagai jenis injeksi tanpa udara, atau mekanis. Saat ini injeksi mekanis digunakan untuk berbagai jenis dan ukuran dari mesin disel.

(c). Kecepatan
Klasifikasi mesin menurut kecepatanya sebagai mesin kecepatan rendah, menengah dan tinggi mempunyai alasan berdasarkan fakta bahwa faktor kecepatan mempengaruhi disain dari mesin, pemeliharaanya dan umurnya.




1 komentar:

xantheudovich mengatakan...
3 Maret 2022 pukul 05.18  

The best places to play video slots in Las Vegas | DMC
With the growth 경기도 출장마사지 of Las Vegas casinos and the ever-growing economy, 삼척 출장안마 there's no better place 충청남도 출장마사지 to play the best slots in Las 계룡 출장마사지 Vegas than at 순천 출장안마

Kotak Nogceh

it's me

it's me
BUDI-DUDUT

Hardiknas

Hardiknas
petugas Hardiknas